Membaca Input Dari Keyboard Pada Java Beserta Contoh Programnya

Membaca Input Dari
1. JoptionPane
JOptionPane adalah class yg dipergunakan sebagai baku obrolan box buat menyampaikan isu kepada pengguna perangkat lunak. Sebenarnya JOptionPane mempunyai poly method, & kebayakan method tersebut static method. Berikut ini 4 method asal JOptionPane yg acapkali dipergunakan.

1. showConfirmDialog
2. showInputDialog
tiga. showMessageDialog
4. showOptionDialog
Untuk parameter asal 4 method tersebut mempunyai pattern yg sama. Dan setiap method tersebut mempunyai 4 7 varian tergantung asal jumlah parameter setiap method ( kecuali showOptionDialog yg cuma mempunyai satu variant) . Berikut ini beberapa parameter yg dipergunakan pada 4 method tersebut.
parentComponent : mendefinisikan component yg sebagai parent asal obrolan box. Aika diisi beserta null, maka secara default Frame akan sebagai parent component.
message : adalah message yg akan ditampilkan dalam obrolan box. Message bisa berupa String. Tapi type sebenarnya asal parameter ini ialah Object class.
title : adalah title buat obrolan box
initialValue : adalah input value
messageType : mendefinisikan style asal message. Jenis asal messageType sebagai berikut ERROR_MESSAGE, INFORMATION_MESSAGE, WARNING_MESSAGE, QUESTION_MESSAGE, PLAIN_MESSAGE
optionType : mendefinisikan formasi button option yg ada pada obrolan box. Nilai asal parameter sebagai berikut. DEFAULT_OPTION, YES_NO_OPTION, YES_NO_CANCEL_OPTION, OK_CANCEL_OPTION ( Nilai asal variable ini mampu pada-customize)

Contoh Program :

/*Penggunaan inputan import javax.swing.JOptionPane
autor : Lab TI UNIB
versi : 12 September 2012 */
import javax.swing.JOptionPane;
public class Main4
public static void main(String[] args)
{
String nama;
String npm;
nama = JOptionPane.showInputDialog("Ketik Nama Enda : ");
npm = JOptionPane.showInputDialog("Ketik NPM Enda : ");

JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hallo " + nama +"\n" + "NPM anda ialah "+ npm );

}
2. Scanner
Untuk mendapatkan inputan asal pengguna, kita wajib meng-import file java.util.Scanner yg dimiliki oleh Java. Pada konsepnya nanti inputan yg dimasukan oleh pengguna mampu terbaca oleh java sinkron beserta tipe data yg sudah diinisialisasi & buat ad interim saat akan ditampung dahulu pada file temp abstrak, kemudian nanti akan dibaca ulang buat ditampilkan sinkron beserta method yg dibentuk dalam Sub-Class nya. Untuk tertentu tahu pemakaian Scanner dalam pemrograman java, kita tertentu menghasilkan coding asal awalnya.
Sebuah objek scanner mampu mengurai input yg dimasukkan melalui keyboard atau asal sebuah file. Scanner memisahkan inputnya sebagai sebagai token terpisah (yg biasanya dipisahkan beserta spasi), & kemudian mengembalikannya pada satu saat. Scanner menyediakan metode buat mengganti token sebagai nilai asal tipe yg tidak sinkron.
Kita mampu dengan utility scanner dalam dua cara, yaitu :
1. Untuk membaca asal keyboard, dengan perintah pada bawah ini
Scanner input = new Scanner(System.in);
2. Untuk membaca asal sebuah file, dengan perintah pada bawah ini
Scanner input = new Scanner(new FileStream(filename.txt));

Contoh Program :

/*Penggunaan inputan import java.util.Scanner
autor : Lab TI UNIB
versi : 12 September 2012 */
import java.util.*;
public class Main3
public static void main(String[] args)
{
Scanner show = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukan nilai a : ");
int a = show.nextInt();
System.out.print("Masukan nilai b : ");
int b = show.nextInt();

int efek = a * b;
System.out.println("Hasil perkalian a x b ialah "+ efek);
}
tiga. DataInputStream
Adalah suatu inputan keyboard. Untuk penggunaan nya kita wajib mengimport file java.io.*; yg dimiliki oleh java.
Contoh Program :

/*Latihan Menggunakan konstanta beserta inputan import java.io.*
autor : Lab TI UNIB
versi : 12 September 2012 */
import java.io.*;
public class Main5
public static void main(String[] args)
{
DataInputStream show = new DataInputStream(System.in);
try
{
final float phi = tiga.14f; //nilai phi tidak mampu berubah
String rad;
float rads, luas, kel;
System.out.print("Masukan Nilai Radius : ");
rad = show.readLine();
rads = Float.parseFloat(rad);
luas = phi * rads;
kel = 2 * phi * rads;
System.out.println("Hasil Perhitungan");
System.out.println("Luas Lingkaran :" + luas);
System.out.println("Keliling Lingkaran :" + kel);
}
catch(IOException ioe)
{
System.out.println("System error");
}
}

0 Response to "Membaca Input Dari Keyboard Pada Java Beserta Contoh Programnya"

Post a Comment

Featured Post

Rekomendasi 30 Anime Terbaik Sepanjang Masa

GenomOnline - Hallo kawan blogger.. pada kesempatan kali ini admin akan share kumpulan anime yang wajib ditonton deh.. yang saya rekomen...