1. Tahap Kompilasi Java
1. Tulis / Ubah. Pemrogram menulis acara serta menyimpannya dalam media dalam bentuk berkas '.java'.
2. Kompilasi. Pengkompilasi menghasilkan bytecodes dari acara menjadi bentuk berkas '.class'.
3. Muat. Pemuat kelas memuat bytecodes ke memori.
4. Verifikasi. Peng-verifikasi memastikan bytecodes tidak mengganggu sistem keamanan Java.
5. Jalankan. Penerjemah menerjemahkan bytecodes ke bahasa mesin.tidak dapat dalam pakai
2. Komentar
Komentar adalah bagian kode acara yg tidak dieksekusi dikala acara dijalankan (run). Komentar dianggap krusial buat membantu serta memperjelas acara supaya lebih gampang dimengerti serta memperlihatkan berita-berita dari kode acara yg diharapkan. Pemrograman adalah penuangan sebuah pandangan baru buat merampungkan perkara bareng memakai perangkat lunak pemrogrmanan. Oleh karena itu sering pandangan baru hanya muncul dalam dikala-dikala langsung saja serta tidak sporadis pandangan baru yg baru saja kita temukan kita lupakan. Untuk itulah diharapkan penulisan komentar dalam listing acara.
Bentuk penulisan komentar dalam pemrograman java biasanya dituliskan menjadi berikut :
// ......... (tulis komentar atau keterangan yg kita lampirkan satu baris)
/* ........ (tulis komentar atau keterangan yg kita lampirkan hingga ketemu bareng */
/** ........ (tulis komentar atau keterangan yg kita lampirkan buat javadoc) */
Penulisan komentar dalam listing acara mempunyai beberapa tujuan, yakni :
a. memperlihatkan berita pembuatan kode acara. Biasanya diletakkan dalam bagian atas sebuah listing acara
b. memperlihatkan berita tujuan dibuatnya sebuah mekanisme, fungsi, atau metode lainnya
c. memperlihatkan berita fungsi variabel atau konstanta yg dideklarasikan
d. memperlihatkan berita langkah demi langkah jalannya acara
3. Konstanta
Adalah nilai numeris/karakter yg permanen atau tidak berubah. Dalam java terdapat 4 kelas konstanta, yaitu:
1. Konstanta integer, berupa integer biasa, integer panjang (long)
2. Konstanta floating, dapat mengandung nilai pecahan, yg biasa ditulis dalam bentuk pecahan biasa juga bentuk eksponensial serta selalu dinyatakan dalam double, kecuali bila diakhiri bareng F atau f (menyatakan konstanta float).
3. Konstanta string, adalah formasi karakter yg diawali serta diakhiri bareng menerangkan petik ganda (...). Juga dapat mengandung karakter yg memakai menerangkan \ yg disebut karakter escape (escape sequence).
4. Konstanta karakter, selalu diawali serta diakhiri bareng menerangkan petik tunggal (...). beberapa konstanta karakter dapat diawali bareng menerangkan \ (penempatannya sesudah menerangkan petik tunggal).
Tabel rangkaian karakter escape
Backspace (mundur 1 karakter)
Form feed (berganti halaman)
New line (berganti baris baru)
Carriage return (pulang ke kolom 1)
Horizontal Tab (tabulasi horizontal)
Vertical Tab (tabulasi vertikal)
Petik tunggal
Petik ganda
DDD adalah digit nilai oktal
HHH adalah digit nilai heksadesimal
Karakter ASCII = 0
4. Pengenal (identifier)
Adalah nama-nama yg ditentukan sendiri sang pembuat acara (harus berbeda bareng tutur-tutur kunci) buat anugerahnama variable, konstanta, fungsi atau label bareng ketentuan menjadi berikut:
a. java membedakan antara alfabet mini serta alfabet besar. Jadi:
Harga Kuadrat
HARGA KUADRAT
harga kuadrat
adalah tiga variable yg berlainan.
b. Karakter yg boleh digunakan buat identifier adalah abjad sapta, serta menerangkan garis bawah, bareng ketentuan dihentikan dalam awali suatu sapta, akan tetapi boleh dalam awali menerangkan garis bawah.
Contoh boleh:
Halo_123 _123halo halo123
Contoh dihentikan
123 halo %keseluruhan
c. Karakter-karakter khusus lainnya serta blank kecuali garis bawah tidak dapat digunakan.
Contoh boleh:
Rata_rata AdaSpasi
Contoh dihentikan
Rata-rata Ada Spasi
d. Tidak boleh sama bareng tutur-tutur kunci
5. Format data
Adalah suatu kombinasi menerangkan-menerangkan khusus berupa karakter yg digunakan buat mengatur bentuk data tampilan. Format data dapat lebih dari satu sinkron bareng poly data yg ingin ditampilkan. Format data yg digunakan disesuaikan bareng jenis data tampilan. Daftar spesifikasi format data:
Format data
Bentuk tampilan data
Karakter tunggal
Bilangan lingkaran desimal (integer)
Bilangan bernotasi ilmiah
Bilangan berjenis pecahan bertitik (floating point number)
Pilihan tampilan terpendek antara bentuk %e atau %f
Bilangan lingkaran desimal (sama bareng %d)
Digunakan buat perintah menyimpan poly karakter yg sudah ditampilkan sang perintah print() ke dalam suatu penunjuk jenis integer
Notasi sapta basis delapan (octal)
Tampilan deret karakter (string)
Bilangan lingkaran desimal; tidak bertanda (unsign)
Notasi sapta basis 16 (hexadecimal)
Tampilan menerangkan % (%)
0 Response to "Fungsi-Fungsi Dasar Pada Java"
Post a Comment